Proses Pembelajaran yang Sesuai dengan Identitas Manusia
Indonesia
Pembelajaran yang sesuai dengan identitas
manusia Indonesia adalah pembelajaran yang mencerminkan nilai-nilai luhur yang
membentuk bangsa Indonesia, seperti Pancasila, gotong royong, cinta tanah air, serta
penghargaan terhadap budaya dan kearifan lokal. Proses pembelajaran harus
membentuk siswa yang tidak hanya cerdas dalam ilmu pengetahuan, tetapi juga
memiliki karakter yang kuat, rasa gotong royong yang tinggi, dan kesadaran
sosial yang mendalam.
Proses pembelajaran yang sesuai dengan identitas
manusia Indonesia berarti dalam proses pembelajaran harus mengimplementasikan
nilai-nilai luhur dan budaya bangsa Indonesia, misalnya mengintegrasikan
nilai-nilai Pancasila dalam setiap mata pelajaran, Proyek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila (P5), pembelajaran kelompok membuat kerajinan tangan yang
mengajarkan siswa sikap gotong royong, mengajarkan tentang kearifan lokal dan
budaya daerah, melibatkan siswa dalam kegiatan membersihkan lingkungan sekolah,
serta mengajarkan nilai toleransi dan kebhinekatunggalikaan.
Pembelajaran yang sesuai dengan identitas manusia
Indonesia dapat menciptakan generasi yang mampu menghadapi tantangan global,
namun tetap berpegang pada jati diri sebagai manusia Indonesia yang majemuk,
harmonis, dan bersatu. Dengan proses pembelajaran yang sesuai dengan identitas
manusia Indonesia, siswa akan lebih memahami dan menghayati perannya sebagai
generasi penerus yang melestarikan nilai-nilai luhur dan budaya bangsa
Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar